" Beranda untuk pelbagai ukuran layar peranti "
KEGIATAN BATALYON 2014
Kegiatan berseragam batalyon diarsipkan disini!
'QUICKLINKS' - 'Select-MONTH' - 'Scroll-to-post' - 'back to ↳Top'

Menembak 30 November 2014

Kegiatan Menembak merupakan kegiatan dgn peminat yg melimpah dari kalangan mahasiswa & umum sehingga senantiasa disambut dengan antusias oleh para peserta pendaftar maupun anggota. Karena terbatasnya jumlah peluru yg disediakan atas kerjasama dgn penyelenggara YonInf 330 Cicalengka, cukup banyak peminat yg tidak kebagian jatah menembak dan masuk daftar cadangan, menunggu untuk mendapatkan prioritas pertama pada kegiatan Menembak berikutnya yg direncanakan pada tahun 2015 yad. Acara ini menjadi sarana promosi Menwa ITB kepada masa kampus dan khalayak umum. Para calon siswa Diklatsar49 yg telah mendaftarkan diri pada tahap Rekrutmen Anggota Baru (RAB) Diklatsar berhak untuk mendapatkan subsidi dalam kegiatan Menembak ini dgn syarat menandatangani surat pernyataan tertulis komitmen mengikuti pendidikan dasar.

November 2014 KasieTer Batalyon

Diklatsar49 di Yonif 330 Cicalengka

Diklatsarmil Batalyon I yang ke-49 dimulai pada tgl 27 Desember 2014 dengan upacara pelepasan dari Kampus ITB. Keesokan harinya dilaksanakan upacara pembukaan dgn IrUp DanYon Linud 330. Berlangsung dari 27 Desember hingga 11 Januari 2015, pendidikan diikuti oleh 20 siswa termasuk 3 orang siswi.

Liputan1: Pembukaan
Liputan2: Basis
Liputan3: Latihan Tradisi Korps
Liputan4: Penutupan
Liputan5: Best Moment Diklatsar E49 by Combat Photographic Team (Erdo D.G-E42)

Latihan Tradisi Korps Diklatsar49 berlangsung selama 5 hari di wilayah sekitar Garut. Operasi dimulai dengan SerPas dari Basis ke titik pemberangkatan LMHG di Ciheuleut/ Cijapati. LMHG berakhir di Desa Dano, Leles. Dilanjutkan dgn Caraka Malam dan Survival selama 2 hari. Patroli Jalan Dusun (PJD) dimulai dari Desa Dano, Leles menuju Dsa Karangmulya, Kadungora. Berikutnya LMKA melalui stasiun Leles-Karangsari-Leuwigoong-Cibatu. Dari Cibatu dimulai LMJR kembali ke basis di Cicalengka.
Upacara Penutupan Diklatsar49 tgl 11 Januari 2015 di YonInf330 Cicalengka dimeriahkan dgn demo OLI (Operasi Lawan Insurgensi). Pembaretan anggota muda dihadiri oleh 13 keluarga dari 20 peserta pendidikan dasar.

27 Desember 2014 - 11 Januari 2015 Sumber: BRM-E12

Munas-II Korps Nasional Menwa Indonesia 14-16 November 2014

Munas II Korps Menwa Indonesia dibuka secara Resmi oleh Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI ( Purn) Ryamizard Ryacudu di Aula Barat ITB pada tgl 14 November 2014 dan akan berlangsung di Bandung s/d 16 November 2014. Terkait penyelenggaraan Munas Menwa itu sendiri, Menhan menilai kegiatan ini merupakan pembaharuan tekad untuk menjadikan generasi muda yang patriotis, rela berkorban dan selalu berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.
Ketua Umum DPP Korps Menwa Indonesia Ir Budiono Kartohadiprodjo, dalam sambutannya mengemukakan bahwa Korps Menwa yg terdiri dari ribuan anggota, baik mahasiswa aktif maupun alumni dari berbagai disiplin ilmu di almamater masing-masing merupakan sebuah kekuatan yang berbasis pada olah-pikir berlandaskan semangat bela-negara yang sistematis.
Munas yg berlangsung dua hari itu menjadi ajang silaturahmi & nostalgia dari para sepuh & senior Menwa dari berbagai daerah di Indonesia, terutama dari Men Mahawarman JaBar.

20 September 2014 FB Korps Menwa Indonesia

Sertijab Komandan Batalyon I-ITB ke-42

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Batalyon I-ITB, telah terpilih dan dilantik menjadi Komandan Batalyon putri yg pertama, Sari Widya Apriyani (Geodesi, E46). Dalam tubuh Resimen Mahawarman sendiri komandan wanita bukanlah baru pertama kalinya karena danyon putero seblumnya telah menjabat di Yon XI UPI.
Upacara serah terima jabatan dilaksanakan dengan sederhana di lapangan parkir SBM dengan Pak Brian selaku inspektur upacara mewakili Rektor ITB. Momentum sertijab ini dilaksanakan tepat bersamaan dengan berlangsungnya Munas II Mahawarman dari 14-16 November 2014 sehingga cukup banyak dari para sepuh dan senior Korps Menwa ITB yg menyempatkan diri hadir pada peristiwa bersejarah ini.

15 November 2014 KasieTer Batalyon

Forum Senior Pemilihan Komandan 2014

Forum Senior Pemilihan Komandan dilaksanakan setelah forum yg serupa selesai dilakukan pada tingkatan staf & kompi. Dua orang CalDan yg melakukan presentasi di hadapan para senior adalah Sari Widya Apriyani-E46 & Wildan Sholeh-E47. Pemaparan dilanjutkan dengan tanya-jawab & berakhir dgn sesi tertutup para senior yang merekomendasikan secara bulat CalDan terpilih sebagai pertimbangan dari DanYon yang merupakan penentu keputusan akhir penetapan komandan batalyon baru.

November 2014 KasieTer Batalyon

Peletakan Batu Pertama PLTMH Situlembang 20 September 2014

Kerjasama antara Kopassus, Kementrian ESDM, Menwa Mahawarman ITB & PT Adaro Energy selaku penyandang dana CSR telah membuahkan karya berupa rencana pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di dam pintu air Situ Lembang. Peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti dilakukan bersama-sama oleh wakil dari semua unsur diatas: Wamen ESDM pak Susilo Siswoutomo, DanJen Kopassus, DanYon I-ITB & wakil dari PT Adaro Energy. Tak lupa foto bersama di jembatan pintu air dam oleh hadirin selepas acara formal selesai.
Sebagai tuan rumah, DanJen Kopassus menjamu seluruh undangan serta menyuguhkan hiburan band yg membuat suasana menjadi riang gembira dan serta merta menggugah para prajurit, ibu2 Dharma Pertiwi & anggota menwa tua muda untuk turut berjoget.

20 September 2014 Setiadi Julianto-E21 & BRM-E12

Upacara HUT-69 RI di Tugu Proklamasi Jakarta

U
pacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-69 di Tugu Proklamasi Jakarta diikuti oleh resimen mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, komponen sesepuh bangsa eks-Tentara Pelajar & Pejuang veteran. Turut hadir para senior dari Korps Menwa ITB mewakili Korps Menwa Nasional Indonesia.
Di lokasi ini setahun yg silam: 2 Juni 2013 pkl 08:00 pagi telah dilakukan serah terima Dhuaja Keluarga Besar TENTARA PELAJAR kepada KORPS MENWA MAHAWARMAN, sebagai pewaris semangat dan cita2 perjoangan 1945 kemerdekaan RI.

17 Agustus 2014 FB Togu S.Hutagaol (E4)

Open House UKM ITB 30 Agustus 2014

Open House UKM ITB rutin diselenggarakan sebagai sarana pengenalan unit kegiatan mahasiswa bagi para mahasiswa baru. Bagi Menwa ITB, kegiatan ini sekaligus merupakan arena rekrutment minat mahasiswa baru untuk mengikuti pendidikan dasar pada libur semester akhir tahun. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana memjaga & mempertahankan minat pendaftar selama masa jeda antara Agustus-Desember saat pelaksanaan diklatsar. Realitanya, kebanyakan pendaftar sudah tidak lagi berminat saat Rekrutmen mendata ulang para pendaftar ini.

30 Agustus 2014 Wildan Sholeh-E47; BRM-E12

Paskibra ITB 17 Agustus 2014

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Batalyon dipercaya untuk merekrut dan melatih para mahasiswa baru yg mendaftar menjadi Pasukan Pengibar Bendera pada upacara hari kemerdekaan yg diselenggarakan oleh civitas academica ITB di lapangan Saraga.
Dengan bersemangat tinggi, para mahasiswa ini berlatih dan beberapa diantara mereka akhirya berhasil didaftar ulang untuk menjadi peserta didik Diklatsar49 saat dilakukan Rekrutmen Anggota Baru (RAB) beberapa bulan kemudian. Namun Upacara kali ini tidak diikuti oleh senior & alumni Korps Menwa ITB karena dikhususkan untuk civitas academica saja.

17 Agustus 2014 KasieTer Batalyon

Latihan Terjun Para Dasar Mahawarman Juni-Juli 2014

Komandan Komando latih Korps Marinir (Dankolatmar) Kolonel Marinir Budi Purnama, S.Pi., membuka Pelatihan Terjun Para Dasar Resimen mahasiswa Mahawarman, yang dilaksanakan di lapangan Kesatrian Ewa Pangalela Gunungsari, Surabaya. Latihan Terjun Para Dasar yang berlangsung mulai tanggal 18 Juni hingga 1 Juli 2014, ini diikuti oleh 82 orang Mahasiswa dan Mahasiswi Mahawarman, yang merupakan gabungan perwakilan Menwa dari Universitas-Universitas di daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Selama mengikuti pelatihan para peserta menerima materi meliputi pembinaan fisik dan ground traning di Kolatmar Gunungsari, sedangkan praktek lapangan akan dilaksanakan di Lanudal Juanda, di bawah pimpinan Komandan Puslatpur-5 Purboyo Letkol Marinir A. Bari selaku Perwira Pelaksanaan Latihan (Palaklat).
Program pendidikan dasar PARA ini difasilitasi oleh Letjen Mar (Purn) M.Alfan yang telah banyak memberikan dukungan kepada program2 KORPS Menwa ITB. Konfirmasi yang diberikan beliau pada saat Seminar Cyber di Aula Timur ITB Bandung tanggal 14Juni 2014 telah menambah semangat para peserta seminar.
Karena itu, dengan suatu proses seleksi singkat di SKOMEN sejak tanggal 15Juni 2014, berhasil terseleksi sebanyak 86 anggota yang diberangkatkan dengan 2(dua) bus menuju Surabaya. DanMen Mahawarman mengeluarkan SPRINT untuk pertanggung jawaban organisasi terhadap pemberangkatan para calon siswa tersebut.
Para peserta latihan sudah menyelesaikan ground trainingnya dan juga sudah diajak menyaksikan penerjunan perdana para prajurit Marinir yang dilatih bersama sama mereka. Akhirnya pasukan dipulangkan 8 Juli 2014 karena kepastian penerjunan berupa PG (Perintah Gerak) dari KASAL untuk menerbangkan pesawat latih dari Lanud Juanda Surabaya tidak turun.

18 Juni-8 Juli 2014 Sumber: website TNI, Bimo H (E28)

DSSP ke-2 Juni 2014

Kursus DSSP 31 Mei-11 Juni 2014 merupakan kursus Dinas Staf & Suspelat yg diselenggarakan untuk kedua kalinya dalam tahun berjalan setelah KDS 2014 yg berlangsung dari 31 Januari-2 Februari 2014. Hari-hari pertama dan terakhir di Pusdikpassus Batujajar dijalani dengan tabah oleh 3 gelintir Kolat KDSSP2014 dari Ekek47 yakni Danlat, Wadanlat & Danki. Menjelang pelaksanaan Gladi Posko Kursus Dinas Staf, barulah berdatangan balabantuan dari rekan seangkatan 47 maupun senior dari berbagai angkatan yg turun untuk membantu pelaksanaan Gladi Posko selama lebih dari 24 jam! Walaupun kali ini tanpa bantuan Kie-Hub sehingga harus mengandalkan HP & HT saja, pelaksanaan Gladi Posko tetap lancar memenuhi target pelaksanaan.
Jumlah kolat pendamping kembali berkurang saat Suspelat berlangsung, namun teratasi karena dipegang langsung oleh pelatih dari Kopassus. Upacara Penutupan KDSSP pd 11 Juni 2014 mengakhiri persiapan SDM batalyon untuk menghadapi pelaksanaan Diksarlat49 pada akhir tahun nanti.

31 Mei-11 Juni 2014 Sumber: KasiTer Batalyon

Upacara HUT-55 Mahawarman & Seminar Cyber War Juni 2014

Upacara peringatan HUT ke-55 Resimen Mahawarman yang dilaksanakan di depan Gerbang Kampus ITBc dengan KASAD Jenderal TNI Budiman selaku Inspektur Upacara, merupakan Hasil Optimal Proses Re-Building Resimen Mahawarman Jawa Barat. Dalam kesempatan memperingati HUT Mahawarman di depan Kampus Ganesha ITB, Jenderal TNI Budiman seusai menjadi inspektur upacara berbicara kepada media tentang pentingnya resimen mahasiswa sebagai komponen pendukung pertahanan negara.
Selesai upacara dilanjutkan dengan Seminar & Pameran Nasional Cyber Warfare dengan sederet pembicara terkemuka: Rektor ITB, Menko Polhukam Djoko Suyanto, KASAD Jend.Budiman,Budiono K selaku Ketua KMNI, Dr. Ardi Sutedja dari DK2ICN Menko Polhukam RI, Dr.Ir.Munawar Ahmad - pakar Cyber ITB,Ir. Gatot HP - dir.SEAMOLEC, Bramudja Hadinoto - Dir.Eks.BI-Sistem Informasi, Ir.Arief Yahya - Dirut PT Telkom, Kalpin Erlangga Silaen - hacker. Berlangsung di Aula Timur ITB, seminar diakhiri dgn sesi foto bersama.

Wawancara Jenderal Budiman disela-sela peringatan HUT Mahawarman di kampus ITB (youtube Edi JunaediE21)

14 Juni 2014 Sumber: multi-sumber & FB Asmuransyah (YonVI)

Rangkaian Kegiatan HUT Emas Yon I-ITB Maret 2014

Pada Sabtu 22 Maret 2014 bertempat di Aula Barat ITB diselenggarakan seminar Nasional Teknologi Pertahanan bersama tokoh-tokoh nasional yang menjadi pembicara seminar. Mereka antara lain Prof. Dr Ir.Purnomo Yusgiantoro MSc, MA, Ph .D yang merupakan Menteri Pertahanan dan anggota kehormatan Corps Menwa ITB. Beliau menyampaikan topik “Partisipasi masyarakat diantaranya Resimen Teknologi ITB dalam pengembangan Teknologi Pertahanan”. Tokoh nasional yang kedua adalah Wakil Menteri Sumber Daya Mineral Ir.Susilo Siswoutomo MM, yang juga merupakan anggota Menwa ITB angkatan 7 yang memberikan tema “Pentingnya ketahanan energi yang merupakan elemen penting dari Ketahanan Nasional Bangsa Indonesia”. Pembicara ketiga adalah Prof.Dr.Ir.Budiono Susilo Soepandji beliau merupakan Gubernur dari Lembaga Pertahanan Nasional. Beliau gigih memperjuangkan pertahanan negara nir-militer dan RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara. Dalam Seminar ini Budi Susilo berbicara tentang Peran Menwa yang berkemampuan teknologi sebagai bagian dari potensi Ketahanan Nasional. Pihak militer juga ambil bagian menjadi pembicara dalam seminar ini. Mayjen TNI (AD) Dedi Kusnadi Thamim, beliau merupakan Pangdam III/Siliwangi pernah ditugaskan dalam operasi di Timor-timur tahun 1985, 1991,dan 1995. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan tema "50 Tahun Menwa ITB: bersama Kodam III/Siliwangi membangun bangsa". Pembicara dari kalangan industri diwakili oleh Ir.Harry Trihardjono yang merupakan Dirut PT. Pindad, Anggota Corps Menwa ITB yang juga merupakan mantan Komandan menwa ITB ke 12. Beliau memberikan tema “Pentingnya kemandirian dalam Industri pertahanan negara terutama dalam pengadaan alutisista. Dipenghujung acara disajikan diskusi panel dengan Dr.Jupriyanto sebagai moderator kemudian Ir. Yudo DPA M.Sc. yang merupakan Direktur Pertahanan Bappenas, dan Dr.Munawar Pakar Cyber Security dari ITB sebagai panelis. Pada acara ini juga ditandatangani kesepakatan kerjasama antara Batalyon I – ITB dengan Basarnas mengenai pendidikan potensi SAR. Selain itu dilakukan pula pengukuhan Resimen Teknologi oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro ditandai dengan penandatanganan piagam Resimen Teknologi.
Masih bertempat di aula barat ITB di malam hari pada hari yang sama dilaksanakan sidang pleno Corps Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon I / ITB. Sidang Pleno ini berisi tentang laporan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Corps dan rencana kegiatan Corps kedepan. Setelah selesai melaksanakan sidang pleno para anggota corps bergerak untuk melaksanakan malam renungan. Dalam upacara malam renungan yang khidmat ini dikeluarkan tunggul Batalyon 1 ITB dan pembacaan sejarah Batalyon ITB dari mulai berdiri sampai sekarang.
Esok paginya dilaksanakan Upacara HUT Batalyon I /ITB yang dihadiri peserta upacara dan para tamu undangan dari ITB dan Militer. Upacara ini dipimpin oleh Wadanyon Adam dan sebagai inpektur upacara Prof. Kadarsyah dari Biro Kemahasiswaan ITB.

22-23 Maret 2014 Sumber: ErdoDG(E42)

Operasi Ganesha Marinir & HUT Basarnas 2014

Upacara pembukaan Operasi Ganesha Marinir jam 08.00 3 Maret 2014 terlaksana dengan sempurna di Markas Marinir Cilandak. WaMen ESDM Pak Susilo Siswoutomo bertindak selaku Inspektur Upacara didampingi Letjen Alfan (KaBasarnas), Brigjen Dany (DanJenMarinir) dan Letkol Harry. Klik masing-masing foto untuk mengakses 2 Galeri liputan yg berbeda ... .

Latihan menembak dan pengambilan brevet dilaksanakan baik untuk alumni maupun anggota aktif untuk senjata laras pendek maupun panjang. Dalam jam komandan Letjen Alfan sekali lagi menegaskan janjinya untuk program para Rescue Yon I, ERG, program kerjasama lanjutan yon I dengan Marinir. Setelah jam komandan dilaksanakan pembagian cenderamata dari Pak Alfan untuk seluruh alumni dan anggota aktif. Malam harinya dilangsungkan Upacara penutupan dan penyematan brevet menembak jam 19.00. Pak Budiawan bertindak sebagai inspektur upacara.
Jam 20.00 pasukan 1 kompi dan 1 peleton alumni berangkat menuju Merak untuk menghadiri Upacara peringatan hari Jadi Basarnas dan pembicaraan MoU antara Basarnas dengan Corps menwa ITB. Pasukan sudah sampai di pelabuhan Merak pada Jam 23.00. Esok harinya dilakukan gladi mulai pkl.08.00 4 Feb. dilanjutkan dengan Upacara yg sebenarnya setelah RI01 tiba di lokasi upacara.

Hari ini luar biasa!: 5 Maret 2014, Yon I mengukir sejarah lagi. Setelah parade, nama menwa ITB disebut beberapa kali di acara ini oleh Pembawa Acara. Kemudia secara mengejutkan Presiden SBY menemui secara khusus pasukan Yon I dan alumninya yang membuat panik protokoler. SBY mengambil 3 menit berbicara di depan Yon I dan foto bersama. Dalam sambutan khusus ini SBY berharap menwa ITB yang belajar teknologi supaya nantinya berperan membangun bangsa. Pada penutup, SBY menitipkan bangsa ini nantinya kepada pemuda termasuk menwa ITB.

Operasi Ganesha Marinir diikuti oleh 106 peserta Menwa dari Bandung terdiri atas 39 anggota aktif Yon I sedang sisanya berasal dari berbagai PerTi Resimen Mahawarman Jawa Barat. Pada puncak acara HUT Basarnas, diperkirakan hadir lebih 50-an alumni berseragam lengkap! Hidup Yon I!!!

Lihat juga publikasi edisi khusus: "Ksatria Ganesha Newsletter"

3-5 Maret 2014 Top Sumber: Rifki Muhida(E26),ErdoDG(E42) & Milis Anggota

Kursus Dinas Staf 2014

KDS2014 dilaksanakan pada hari libur dan akhir pekan tgl.31 Januari-2 Februari 2014 dan dilanjutkan dengan Gladi Posko pada 8-9 Februari 2014. Dengan berbagai kendala karena dilangsungkan sepenuhnya di PusdikKampus (!), keseluruhan rangkaian acara meluluskan 9 siswa calon Staf. Selama pendidikan, siswa makan dan tidur di barak KBL (Kantin Barat Laut), ruang kelas menggunakan kelas tepat disebelah MaKo yakni di TI/Studi Pembangunan. Tenaga pengajar sepenuhnya dari Senior Korps Yon I-ITB. Pelaksanaan Gladi Posko mengandalkan bantuan dari KiHub Pusdikpengmilum Cimahi yg memasang sentral telepon dengan 6 telpon di Pusat Kendali MaKo serta merentangkan kabel ke ruang kelas sebelah MaKo untuk pemasangan 6 buah telpon untuk siswa. Gladi Posko mensimulasikan perencanaan dan pelaksanaan rangkaian acara peringatan HUT-50 Batalyon I-ITB dan memakan waktu simulasi sebanyak 38 JP atau l.k 28 jam non-stop! Kolat (anggota aktif) dibantu oleh para senior (terbanyak senior dari angkatan muda 41 & 43) secara bergantian meramaikan Pusat Kendali Gladi Posko sepanjang hari, malam sampai siang hari berikutnya!

9 Februari 2014 Sumber: KasiTer & BRM(E12)

Kebangkitan UrMakLat 2014

Salah satu keberhasilan kebijakan "rebuilding" yg patut disyukuri adalah bangkitnya kembali keterampilan dalam penyelenggaraan Urusan Makanan Latihan, setelah selama 5 tahun terakhir melaksanakan 'outsourcing' saat Latraks: Diksar 43-44 memakai jasa tukang masak ibu2 dgn satu tenaga pembantu, Diksar45- 46 sepenuhnya memesan nasi bungkus, Diksar47 memakai jasa masak dari Klub Montana (eks-pak Uus D.Kuswara E18) yg sayangnya akhirnya gagal mentransfer keterampilan, karena bekerja sendiri tanpa banyak bantuan dari anggota aktif batalyon.


Pak Uus Drajad Kuswara (E18) sangat berjasa memicu bangkitnya UrMakLat dengan meminjamkan sebagian besar peralatan dapur umum termasuk kompor gas & langseng2 besar,namun kali ini TANPA mengikutsertakan personil bantuan! Juga pak Galuh (E41) yg turut membantu menyusun detil menu harian selama pendidikan untuk perioda 2 minggu. Pak Galuh yg mantan KaUrMakLat Diksar42 mendampingi para siswa pelatih di MakLat secara penuh selain berfungsi sebagai salah satu dari dua PaCip (Perwira Pencicip) bersama-sama dengan pak Bram (E12) yg mantan Kepala Dapur Diksar14, nun sekian puluh tahun yang lalu...

Karena ketiadaan mobil batalyon maupun mobil skomen (hanya ada 3 hari) maka untuk urusan belanja besar digunakan mobil kijang pak Uus serta mobil CRV pak Bram, selain juga dipakai mendrop logistik (makanan siswa & pelatih/gumil/kes, peralatan, personil) saat latraks. Untuk belanja kecil seperti membeli sedikitnya 2 tabung gas 3kg setiap hari dan belanja dapur lainnya, digunakan motor pinjaman milik anggota yg di-BKO-kan kepada KiMaLat.


Pada Diksarlat48 kali ini. dengan cukupnya tenaga SisTih (18 org) maka secara bergilir setiap saat selalu bertugas sedikitnya 4 orang yg diperbantukan ke UrMakLat. KaUrMaklat dipimpin oleh siswi pelatih Yanti Mulyanti (E47): Walaupun jarang dilepas memasak sendiri di rumah kakak, namun jam terbang meracik bumbu & membantu kakak di dapur cukup membuatnya PD memasak untuk 22 siswa, 8 Gumil/Kes dan 22+ pelatih & Kolat.
WaKaUrMakLat siswi pelatih Diana Barirotuttaqiyyah (E47): Belajar nyaris dari nol di dapur, saat dapat giliran mengepalai dapur begitu keluar dari basis, didukung penuh oleh Senior Agnes Novita Sabatina (E44) yg baru saja diwisuda.


Selain tugas UrMakLat, kedua SisTih ini juga masih harus bertugas sebagai pelatih pendamping (PP) maupun sebagai DanTim/Wadantim Operasi saat Latraks untuk menggenapkan pendidikan sebagai siswa Suspelat.
KaLogLat Alwidya Angga Safitri (E46) menghabiskan cukup banyak waktu & tenaga mendukung dapur latihan, terutama dalam berbelanja logistik ke pasar.

Dengan menu-menu andalan yg digila-gilai (secara harfiah: gila! gila! ada masakan kayak gini!) oleh siswa, pelatih, kolat, personil UrKes & GuMil:
- dadar aci (tepung mendominasi!)
- sop & sayur jagung Daminatilada (lada=merica mendominasi!)
- odading kentang (niat awal membuat perkedel kentang tapi ....ditambah tepung karena hancur!)
- kolak kering tempe (manis sekali ... )
- variasi bihun 2 warna: bening dan bihun kecap seperti juga nasi goreng bawang putih bening & nasi goreng kecap ...
- sop kacangmerah favorit dengan bumbu lengkap. Di ulang membuat lagi tapi asem jawa habis: tidak lagi favorit!)
- acar kuning mentimun-wortel tanpa cuka ...
- extra fooding: rempeyek pisang goreng (pisang diiris kecil2!), manisan ubi & singkong (kolak tanpa santan!)
dan banyak lagi menu-menu kejutan lainnya!!


Pada minggu awal latihan, atas himbauan dari para GuMil menu harian yg budgetnya telah dipotong habis-habisan oleh pak Agus Sutantio (E12) & pak Martono (E28), ternyata diminta supaya dilengkapi dengan lebih banyak protein (ayam, ikan dll.), buah-buahan segar dan teh manis setiap pagi agar siswa yg kedinginan di Situ Lembang dapat tetap mempertahankan stamina. Tidak boleh dilupakan adalah Bonus Khusus Malam Tahun Baru berupa 100 potong (!) ayam bumbu siap bakar yg diupayakan oleh pak Uus(E18) & pak Bimo(E28) ... khusus untuk pelatih & senior. Siswa juga akhirnya kebagian sisa-sisa ayam bakar ini yg kemudian digoreng dan disajikan pada hari2 setelah malam pergantian tahun ...


Dapur MakLat terutama di basis Situ Lembang yg dingin selalu menjadi pusar kehidupan para pelatih, GuMil/Kes maupun Kolat dan Senior karena hangat, selalu tersedia air panas dan dekat dengan makanan, dan selalu berkegiatan sampai larut malam ataupun pagi hari jauh sebelum adzan subuh berkumandang.
Tanggungjawab menyelenggarakan Makanan Latihan selama 2 minggu penuh ini sudah setara dengan pengalaman dari Senior2 terdahulu yg bergerak saat keluar dari kampus untuk latihan MO (Medan Operasi) yg lamanya 2 minggu juga. Bedanya mungkin hanya pada jumlah siswa pendidikan, pelatih serta senior yg tergabung dalam Kolat yg harus dilayani.

Semoga ke depan 'transfer of knowledge' penyelenggaraan UrMakLat ini tidak lagi sempat terputus seperti sebelum ini ...

Nostalgia: Suasana dapur lama barak Situ Lembang, kegiatan menjelang pelaksanaan Diksar15. Kiri-kanan: Awal Nugraheni(E13)-Dodi Sudrajad(E14)-berdiri(?)-Wawan SD(E13)
Duduk: Irwan Karana(E12)-Utaminingsih(E13)-Suparman Wiriadidjaja(E12)

19 Januari 2014 Sumber: BRM & Uus (E12/18)

Diklatsar Angkatan 48

Upacara pembukaan Diklatsar Angkatan 48 Yon I-ITB berlangsung pada pagi hari Minggu 29 Desember 2013 di Pusdikpassus Situ Lembang dengan Wakil Rektor Bpk. Kadarsah sebagai inspektur upacara. Selepas upacara, beliau memberikan pengarahan kepada siswa dan diikuti oleh jam komandan. Siswa selanjutnya menerima pembagian senjata latihan M1 Garand dan materi-materi kelas/lapangan oleh Gumil Dodik Bela Negara.

Liputan: 01_Upacara Pembukaan
Plus: Binsik: FB Agus Sutantio (E12)
Liputan: 02_Maklat & Tikrupan
Liputan: 03_LCR & PKP
Liputan: 04_Penjatri
Liputan: 05_Mountaineering & Survival
Liputan: 06_PJD & IMPK
Liputan: 07_Evaluasi, Briefing & apel Kolat
Liputan: 08_LMKA & LMJR
Plus: LMJR & Penutupan: FB Erdo DG.(E42)
Liputan: 09_Penutupan
Plus: Penutupan: FB Paksindra P. (E43)


Pendidikan di basis berlangsung selama 11 malam termasuk operasi HTF, caraka malam, tidur kalong dan survival. Seterusnya, Latihan Tradisi Korps (Latraks) diawali dengan Operasi Patroli Jalan Dusun (PJD) berakhir di Desa Pasirlangu, Cisarua. Berturut-turut menyusul Operasi IMPK ke Desa Tagogapu, LMKA dari stasiun KA Tagogapu ke stasiun KA Rajamandala - siswa berbivak di kebun tepi jalan Desa Nanggeleng. Keesokan harinya, Operasi LMJR sepangjang l.k 30 km menempuh jalan raya dan jalan sekunder sampai ke lapangan balai desa Galumpit, Cirata yg tak seberapa jauh lagi dari lokasi upacara penutupan yg direncanakan.

Upacara penutupan dipimpin WaDanyon I-ITB selaku Komandan Upacara dan LetKol Musa, DanDim Purwakarta selaku Inspektur Upacara, mewakili Panglima KODAM Siliwangi. Acara tersebut juga dihadiri DR Brian yg mewakili Rektor ITB, Wawan Bango- Komandan Resimen Mahawarman beserta seniors Korps Menwa Mahawarman, para orangtua Siswa dan Seniors CORPS Menwa ITB. Senior dari alumni ITB yg hadir l.k 30 orang, semarak dengan pakaian loreng PDLT yg warna kamuflasenya berbeda-beda, bergantung berapa kali telah dicuci!

Kader Yon I-ITB yg baru dilantik berjumlah 21 orang termasuk 2 siswi, ditambah seorang kader Yon 3/Unpar (Siswa Joshua) dgn total 22 orang. Pelatih militer berjumlah 8 orang terdiri dari 5 orang GuMil dari DoDik Bela Negara - Cikole dan 3 personil KesMil dari Kesdam 3 Siliwangi lengkap dengan 1 buah kendaraan ambulans.

Semangat48: FB Erdo DG (E42)

12 Januari 2014 Sumber: BRM (E12)
Copyright Obscura 2012. Design by elemis. All rights reserved. Batalyon I-ITB 2013/2014 - hosted by: Duta Integrasi Pratama - Indonesia